Jawaban Aktivitas 1.7 Buku IPA Kelas 10 SMA

Daftar Isi

Udah tahu kunci jawaban soal aktivitas 1.7 di dalam buku IPA kelas 10 SMA? Gak usah bingung karena di materi ini kakak telah menjawab semuanya, yuk disimak.

Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kita akan belajar menjawab pertanyaan yang ada di dalam aktivitas 1.7 buku IPA terbaru SMA kelas 10 kurikulum Merdeka Belajar.

Pertanyaannya sendiri lumayan panjang, terdiri dari 4 halaman yaitu mulai dari halaman 19 sampai 22 dan merupakan aktivitas terakhir di dalam Bab 1 Pengukuran dalam Kegiatan Kerja Ilmiah.

Namun, kalian tenang saja, sebab di sini kakak akan membantu kalian untuk menjawabnya, kalian hanya perlu menyimak seluruh pembahasan ini dengan baik.

Jika dilihat dari pertanyaannya, aktivitas 1.7 ini bertujuan untuk melatih pengetahuan kalian tentang pengukuran besaran turunan yang diformat dalam bentuk kegiatan praktikum.

Kita akan mengerjakan semuanya sampai tuntas...

Eh iya, sebelum lanjut penting kakak ingatkan agar berhati-hati mengambil jawaban dari situs web lain, khususnya situs web berita, karena kakak lihat banyak yang salah jawabannya.

Wajar sih, karena hanya ditulis oleh wartawan yang tidak mengerti IPA.

Jadi, jangan asal mengambil jawaban yah di google, kalian harus jeli memilih jawaban yang benar.

Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...

Kunci Jawaban Aktivitas 1.7 Buku IPA Kelas 10 SMA

Aktivitas 1.7 Buku IPA Kelas 10 SMA

Berikut ini adalah pertanyaan sekaligus jawaban dari aktivitas 1.7 buku IPA kurikulum Merdeka Belajar kelas 10 SMA halaman 19 sampai 22:

Pertanyaan 1:

Carilah informasi material yang digunakan pada baut ban beserta massa jenisnya.

Baut yang bisa direkomendasikan untuk digunakan pada ban truk adalah...

Jawab:

Baut yang direkomendasikan untuk ban truk adalah baut yang terbuat dari bahan baja hitam (massa jenis: 7.850 kg/m3) karena tidak mudah patah, tidak mudah berkarat, dan tidak mudah memuai.

Pertanyaan 2:

Amatilah Gambar 1.11. Berdasarkan pengamatan Kalian pada baut, Besaran turunan fisika apa yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut? Cari tahu persamaan besaran turunan yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut tersebut.

Jawab:

Besaran turunan yang dapat digunakan untuk mengetahui jenis baut adalah massa jenis, dengan rumus persamaan matematis:

ρ = m/V

Keterangan:

  • ρ = massa jenis benda (kg/m3)
  • m = massa benda (kg)
  • V = volume benda (m3)

Pertanyaan 3

Untuk mendapatkan besaran fisika yang disebutkan pada nomor 1 (mungkin maksudnya nomor 2), besaran-besaran apa saja yang harus diukur?

Jawab:

Besaran-besaran yang harus diukur adalah massa benda dan volume benda.

Pertanyaan 4

Dengan mempertimbangkan wujud baut tersebut, alat ukur apa yang dapat digunakan untuk mengukur besaran-besaran yang disebutkan pada nomor 2? Jelaskan bagaimana Kalian mengukurnya?

(Kalian dapat memilih alat ukur yang ada pada tabel pada Aktivitas 1.2 sebagai referensi)

Jawab:

Besaran-besaran yang ada pada nomor 2 adalah massa benda dan volume benda. Terkait dengan baut, maka alat ukur dan cara mengukurnya adalah sebagai berikut:

Massa Baut

Massa baut bisa diukur dengan menggunakan neraca Ohaus, cara pengukurannya:

  1. Pindahkan semua anak timbangan pada gagang neraca Ohaus berada di posisi paling kiri, pastikan piringan neraca dan gagang berada dalam keadaan setimbang.
  2. Letakkan baut pada piringan neraca, atur posisi anak timbangan hingga neraca dalam keadaan setimbang.
  3. Mencatat nilai yang ditunjuk oleh masing-masing anak timbangan.

Volume Baut

Oleh karena bentuknya yang bervariasi, maka cara termudah untuk mengukur volume baut adalah menggunakan gelas ukur, berikut ini cara pengukurannya:

  1. Isilah gelas ukur dengan air sampai ketinggian tertentu, kemudian nyatakan sebagai V1.
  2. Masukkan baut ke dalam gelas ukur dan perhatikan kenaikan air di dalam gelas ukur.
  3. Kenaikan air itu dinyatakan dengan V2.
  4. Hitunglah volume baut dari selisih ketinggian air dalam gelas ukur dengan rumus Vbaut = V2 - V1.

Pertanyaan 5

Apa yang diubah-ubah (variabel bebas) pada praktikum ini?

Jawab:

Varibel yang berubah-ubah (variabel bebas) pada praktikum ini adalah massa baut dan volume baut.

Pertanyaan 6

Dalam praktikum, terdapat besaran yang nilainya harus sama ketika pengukuran dilakukan pada ketiga baut tersebut (variabel kontrol). Besaran apakah itu?

Jawab:

Besaran yang nilainya harus sama (variabel kontrol) pada praktikum ini adalah volume air awal.

Pertanyaan 7

Besaran apa saja yang ikut berubah karena adanya variabel bebas? (Besaran ini kemudian kita sebut sebagai variabel terikat).

Jawab:

Variabel terikat pada praktikum ini adalah besaran massa jenis.

Pertanyaan 8

Bagaimana hubungan antara variabel bebas dan variabel bebas tersebut? (dengan hubungan kesebandingan: berbanding lurus dan berbanding terbalik).

Jawab:

Massa jenis berbanding lurus dengan massa baut dan berbanding terbalik dengan volume baut.

Pertanyaan 9

Prediksikan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat pada praktikum ini.

Jawab:

  • Semakin besar massa baut, semakin besar juga massa jenis baut (berbanding lurus).
  • Semakin besar volume baut, semakin kecil massa jenis baut (berbanding terbalik).

Pertanyaan 10

Variabel apa saja yang diamati untuk membuktikan hipotesismu?

Jawab:

Massa baut dan perubahan volume air yang dicelupkan baut.

Pertanyaan 11

Jika ketiga jenis baut berbeda, tentukanlah variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol dalam praktikum ini.

Jawab:

  • Variabel bebas : massa baut dan volume baut
  • Variabel terikat : massa jenis baut
  • Variabel kontrol : volume air awal.

Selanjutkan kalian akan masuk ke bagian Memproses dan Menganalisis Informasi, di bagian ini kakak tidak bisa ikut campur karena hasilnya murni ditentukan oleh kegiatan kalian melakukan praktikum.

Gimana, sangat mudah bukan menjawab pertanyaan aktivitas 1.7? Langsung saja pindahkan jawaban di atas ke buku latihan.

Lihat Juga:

Demikianlah pertanyaan dan jawaban aktivitas 1.7 buku IPA kelas 10 SMA, bagikan jawaban ini agar teman yang lain bisa membacanya, terima kasih.

BAGIKAN:

Nur Afdan S.Si
Nur Afdan S.Si Nur Afdan, S.Si, Sarjana Fisika Universitas Negeri Makassar. Menyukai segala hal yang berkaitan dengan fisika. Kontak: Email: afdanfisika@gmail.com

2 komentar

Comment Author Avatar
31 Oktober 2022 pukul 17.42 Hapus
Terimakasih atas bantuannya dari murid kelas X-9
Comment Author Avatar
6 Agustus 2024 pukul 19.20 Hapus
Semoga membantu...