Jawaban Aktivitas 1.2 Buku IPA Fisika Kelas 10 SMA
Mau tahu kunci jawaban soal aktivitas 1.2 di buku IPA Fisika SMA kelas 10? Yuk, langsung saja simak pembahasaannya di sini.
Gimana kabarnya? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat, di materi kali ini kakak akan menjelaskan cara menyelesaikan soal aktivitas 1.2 di buku IPA Fisika kelas 10 SMA halaman 7.
Aktivitas 1.2 ini terdiri dari 2 soal yang masih bertujuan untuk melatih pengetahuan kalian seputar alat ukur dalam pengukuran.
Soal nomor 1 dalam Aktivitas 1.2 ini ada kaitannya dengan aktivitas 1.1 yang kita bahas sebelumnya, di mana nama-nama alat ukur yang akan diuraikan menggunakan alat ukur yang disebutkan dalam aktivitas 1.1.
Jika di aktivitas 1.1 kalian menuliskan penggunaan alat ukur tersebut dalam kehidupan sehari-hari, maka di aktivitas kali ini pembahasaannya akan diperluas ke besaran yang diukur, jenis besaran, satuan pada alat, satuan dalam SI, dan dimensi.
Sementara itu, di soal nomor 2, kalian diminta untuk memberikan pendapat mengenai kenapa harus ada 2 alat ukur yang berbeda untuk mengukur besaran yang sama.
Cara menyelesaikannya mudah kok, tenang saja kakak akan membantu kalian mengerjakannya.
Baiklah, kita mulai saja pembahasannya...
Kunci Jawaban Aktivitas 1.2 IPA Kelas 10 SMA
Di soal nomor 1 aktivitas 1.2, kalian diminta untuk mengisi tabel yang berisi nama alat ukur, besaran yang diukur, jenis besaran, satuan pada alat, satuan dalam SI, dan dimensi.
Oleh karena tabel yang harus dibuat ada beberapa kolom ke samping, halaman ini tidak muat, sehingga kakak tidak akan menuliskannya dalam bentuk tabel.
Jadi, kalian sendiri yah nanti yang membuatkannya tabel di buku latihan, masukkan saja data-data berikut ini:
Besaran yang diukur: massa
Jenis Besaran: Besaran Pokok
Satuan pada alat: Gram
Nah, jawaban pertanyaan nomor 1 sudah selesai, sekarang kita lanjutkan ke jawaban pertanyaan nomor 2 yang berbunyi:
Mengapa harus ada dua alat ukur yang berbeda untuk besaran yang sama?
Jawaban:
Jadi, alasannya adalah karena perbedaan objek yang akan diukur sehingga alat ukurnya dibuat berbeda untuk memudahkan proses pengukuran, meskipun sama-sama mengukur massa.
Gambar 1.3 (a) adalah kegiatan mengukur massa balita, sehingga alat ukur yang cocok digunakan adalah timbangan gantung agar bisa dipasangi ayunan untuk memudahkan pengukuran massa bayi.
Sedangkan, gambar 1.3 (b) adalah kegiatan mengukur massa jualan di pasar, sehingga lebih cocok menggunakan timbangan duduk karena proses pengukurannya lebih simpel.
Gimana, sangat mudah bukan menjawab pertanyaan dalam aktivitas 1.2? Langsung saja pindahkan jawaban-jawaban di atas ke buku latihan kalian.
Sekian dulu pembahasan soal aktivitas 1.2 Buku IPA kelas 10 SMA, bagikan ke semua MEDSOS yang kalian punya agar teman yang lain bisa membacanya.
Langsung Saja Lanjut ke: Jawaban Aktivitas 1.3.
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Posting Komentar